Cara Menghilangkan Virus di Android Tanpa Antivirus Ampuh

Cara Menghilangkan Virus di Android Tanpa Antivirus Ampuh – Android memang perangkat yang rentan sekali dengan virus. Terkadang, kita harus merelakan data-data kita karena virus yang menyerang android kita. Sampai yang paling mengesalkan, virus ini menyababkan seluruh sistem rusak, dan ponsel menjadi mati padahal kita sudah menggunakan antivirus yang sudah didownload oleh ribuan orang di Play Store.

Hal ini tentu saja sangat mengganggu pengguna android, apalagi kalau ternyata antivirus yang digunakan membawa virus ke dalam android kita. Itu bisa saja terjadi, karena si pembuat antivirus ingin membuat keuntungan dengan mengeluarkan antivirus yang sekaligus menjangkitkan virus ke dalam ponsel kita.

Kamu bisa saja mereset ponsel kamu untuk menghilangkan semua virus, tetapi resikonya kamu akan kehilangan data-data dan aplikasi yang telah kamu instal. Setelah itu, kamu harus download lagi aplikasi tersebut di play store. Ribetnya lagi, kalau ternyata kita lupa membackup percakapan pesan kita. Pasti percakapan berharga dalam ponsel kita, seperti Watsapp akan hilang.

Kamu tahu gak sih, ternyata android kamu bisa menlindungi diri sendiri dari virus tanpa menggunakan antivirus. Perangkat android ini bertanggung jawab kepada penggunanya agar mendapatkan kenyamanan saat menggunakan ponsel pintarnya. Jadi mereka juga menanamkan cara menghilangkan virus di android tanpa antivirus. Tentu saja cara seperti ini akan lebih menghemat waktu dan kapasitas memori. Penasaran? Yuk simak artikel ini.

Cara Menghilangkan Virus di Android

  • Safe Mode

Jika kamu masuk ke dalam safe mode, kamu bisa menghapus chache dan file-file tidak penting yang membuat ponsel berat saat bekerja. Dalam safe mode, kamu bisa membuka aplikasi yang penting-penting saja, sehingga ponsel kamu beroperasi dengan ringan. Semua aplikasi yang kamu instal tidak akan muncul saat kamu berada di safe mode ini.

Secara umum, masuk ke dalam safe mode biasanya dengan menekan tombol power dan volume. Jadi kamu bisa masuk secara aman. Kalau masih ragu dengan cara masuk ke dalam safe mode, kamu bisa searching untuk tipe ponsel yang kamu gunakan. Karena setiap merek ponsel memiliki cara yang berbeda untuk masuk ke dalam safe mode ini.

  • Cek Aplikasi

Di dalam safe mode kamu harus memeriksa aplikasi kamu. Caranya kamu masuk ke dalam menu setting > Apps > dowloaded.  Di dalam menu ini kamu harus menghapus aplikasi mencurigakan yang tidak pernah kamu instal di dalam ponsel android kamu. Dengan cara ini kamu bisa menghapus virus di android dengan cara uninstal aplikasi tersebut.

Terkadang, virus itu sangat bandel dan tidak bisa di uninstal dengan mudah karena telah masuk ke dalam sistem administrator. Untuk itu kamu harus melakukan cara berikut. Pertama masuklah ke menu setting > Security > device administrator. Hilangkan centang dari aplikasi mencurigakan tersebut. Kemudian coba uninstal kembali di setting > apps > downloaded,  maka aplikasi mencurigakan tersebut sudah bisa kamu uninstal.

  • Keluarlah dari safe mode

Setelah kamu merasa yakin kalau tidak ada lagi virus yang terdeteksi di aplikasi kamu. Kamu sudah bisa keluar dari safe mode. Caranya mudah, restartlah ponsel kamu seperti biasanya. Maka, safe mode akan kembali ke dalam mode normal dan aplikasi yang tadi tidak muncul di safe mode akan kembali muncul. Selamat mencoba. Semoga bisa membantu kamu menemukan cara menghilangkan virus di android.

Cara Menghilangkan Virus di Android Tanpa Antivirus Ampuh | Iis Nur hayati | 4.5