Cara Membuat Antena TV Sederhana dengan Mudah

Cara Membuat Antena TV Sederhana dengan Mudah – Membuat sebuah percobaan dengan konsep-konsep tertentu, nyatanya akan semakin banyak hal yang bisa kita lakukan dengan mudah. Seperti yang akan kita bahas kali ini yakni cara buat antena TV sedrhana dengan Mudah, dengan begitu kita bisa menyediakan antena untuk Tv di rumah tanpa harus membeli. Apa sih antena? Antena merupakan sebuah alat untuk dapat mengirim dan juga menerima sinyal gelombang elektromagnetik, sesuai dengan pemakaian dan juga penggunaan frekuensinya. Jadi antena itu dapat berwujud dengan berbagai bentuk.

Meskipun sederhana, namaun hasilnya tak kalah bagus dengan antena yang biasa anda gunakan, namun sebelum kita membuat antena, persiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang akan kita gunakan seperti seng, jack kabel, sekrup, cutter dan lain sebagainya. Nah, di bawah ini kami juga berikan gambaran atau konsepnya, supaya anda terinspirasi untuk membuat antena. Untuk tutorialnya, silahkan anda lihat cara membuat antena TV berikut ini.

Bahan serta Alat yang dibutuhkan untuk Membuat Antena TV :

  • Seng nisplang ataupun seng talang yang berukuran 0,5 x 0,5 meter
  • Jack kabel Coaxial untuk menyambungkan ke colokan antena TV
  • Kabel Coaxial berjenis impedansi 75 Ohm dengan ukuran yang telah disesuaikan
  • Potongan bambu ataupun botol bekas pakai, semacam V*xal yang berukuran 11 cm
  • Mur baur yang berukuran 3 mm sebanyak 2 biji
  • Cutter serta Gunting
  • Sekrup kayu yang berukuran 3 cm sebanyak 2 biji.

Tips Cara Membuat Antena TV sederhana :

1. Pemotongan Seng. Potong seng dengan sedemikian rupa ( dengan bentuk menyerupai kupu – kupu) dan pastikan ukurannya sama supaya tidak terjadi ketidakcocokan seng saat dipasangkan. Dan yang potongan kotak disebut reflector.

2. Pemotongan botol bekas . Potong botol bekas dengan ukuran panjang sekitar11 cm dengan diameter yang berukuran bebas. kemudian tempelkan potongan seng yang berbentuk kupu – kupu ( driven ) dengan menggunakan sekrup ataupun baut .

3. Pemasangan driven ke reflector. Beri lubang pada reflector pada bagian yang berbeda sebanyak 4 lubang. Kemudian sambung reflector dengan menggunakan cable tie.

4. Penambahan Sekrup . Beri 1 buah sekrup pada masig – masing di atas driven yang berfungsi untuk tempat mengaitkan antara konduktor . lalu solder kaitan konduktor dengan menggunakan sekrup hingga driven menyatu dengan konduktor dan ground. Jangan lupa untuk menyambungkan ujung kabel yang lainnya ke dalam jack coaxial.

5. Langkah terakhir melakukan uji coba antenna. Selesai, proses pembuatan antenna pun sudah selesai dan anda juga bisa menguji coba antenna anda sebelum dipasang dibagian atas. ( antenna ini dirangkai untuk diletakan indoor, bukan outdoor.

Seperti itulah informasi terkait Cara Membuat Antena TV Sederhana. Dengan membuat antena sendiri, anda tak perlu lagi jauh-jauh membeli antena, karena antena buatan sendiri juga tidak kalah bagus dengan antena TV pada umumnya.

Cara Membuat Antena TV Sederhana dengan Mudah | Dedy Supyandi | 4.5