Cara Mematikan Update Otomatis di Android

Cara Mematikan Update Otomatis di Android – Aktifitas download dan instal aplikasi memang menjadi rutinitas bagi banyak pengguna android tanpa memikirkan efek samping dari kegiatan mendownload dan menginstal aplikasi tersebut. Perlu anda ketahui jika anda menginstal aplikasi di luar playstore atau aplikasi yang sudah di modifikasi, itu rentan sekali terhadap gangguang virus, selain itu filnya juga berukuran besar sehingga akan menghambat kinerja ram android anda. Namun untuk mendownload di playstore sendiri, andapun perlu hati-hati, karena dari pengaturan default memang playstore sudah mengatur update aplikasi automatis sehingga jika ada pembaharuan aplikasi yang telah di instal di android anda akan melakukan update automatis atau pembaharuan.

IKLAN

Jika aplikasi tersebut ukuranya kecil sih tak apa, karena hanya sedikit menyedot kuota internet, namun yang menjadi permasalahan adalah jika aplikasi tersebut ukuranya besar hingga puluhan dan bahkan ratusan MB. Dengan begitu maka kuota internet anda akan cepat habis untuk melakukan update aplikasi tersebut. Lalu, bagaimana cara mengatasi update aotomatis di android? Caranya cukup mudah, anda bisa setel ulang pengaturan di playstore, jika anda bingung kita langsung ke TKP di bawah ini.

IKLAN

Cara Mematikan Update Otomatis di Android

  1. Langkah awal, asilahkan anda aktifkan koneksi internet di perangkat android anda
  2. Jika sudah, silahkan anda buka aplikasi Google Play Store yang ada di perangkat android anda.
  3. Tap tombol baris menu di halaman utama playstore, letaknya di pjok halaman. Sesudah itu akan terbuka lengkap daftar menu playstore. Silahkan anda pilih Settings.
  4. Berikutnya anda tap di pilihan Auto-update apps. Kemudian akan ada 3 pilihan update aplikasi seperti berikut ini.
    – “Do-not auto-update apps” agar tidak update secara otomatis,
    – “Auto-update apps at anytime, Data charges may apply” agar tetap update aplikasi ketika ada aplikasi terbaru,
    – “Auto update apps over wifi only” agar tetap update aplikasi tapi hanya saat android terkoneksi jaringan WiFi saja.
  5. Untuk mematikan auto update aplikasi, silahkan anda pilih opsi yang pertama yakni “Do-not auto-update apps”.
  6. Jika memilih opsi tersebut kemudian di bawah opsi ada tulisan aktif, yang artinya anda sudah berhasil menonaktifkan fitur auto update aplikasi.
  7. Bila anda ingin mengupdate aplikasi tertentu, anda bisa dengan melakukan geser enabled atau disable di aplikasi tersebut dalam playstore.
  8. Selesai, anda berhasil menonaktifkan fitur auto update aplikasi.

Note : untuk pilihan Opsi auto update ini akan muncul cuma 1 opsi, Anda tinggal menentukan guna dapat mencentang (aktifkan auto update) maupun menghilangkan centang (nonaktifkan auto update).

Demikianlah informasi dari kami mengenai Cara Mematikan Update Otomatis di Android. Nah bagi anda yang merasa terganggu dengan adanya fitur dari playstore yakni auto update aplikasi, silahkan anda matikan fitur tersebut dengan cara diatas. Semoga berhasil.

IKLAN
Cara Mematikan Update Otomatis di Android | Dedy Supyandi | 4.5