Bahaya Isi Baterai HP di Mobil dan Akibatnya

Bahaya Isi Baterai HP di Mobil dan Akibatnya – Ketika sedang melakukan perjalanan jauh, tentu saja menemukan chargeran hp sangat sulit. Apalagi ketika power bank kita sudah tidak ada dayanya, tentu saja ponsel sangat dibutuhkan untuk sekedar terus berkomunikasi dengan keluarga ataupun mencari navigasi. Dan salah satu cara yang paling mudah adalah charge hp di dalam mobil.

Charge HP di mobil tentu saja sangat praktis dan tidak harus turun dari mobil untuk membayar charger di warung. Bahkan bisa juga sambil dipakai jika semisal kita butuh arah penunjuk jalan. Namun ternyata keseringan charge hp di dalam mobil sangat berbahaya bagi ponsel kamu. Apa sih bahaya charger HP di mobil? Simak artikel ini sampai selesai ya.

Bahaya Isi Baterai HP di Mobil

  • Baterai Cepat Ngedrop

Arus listrik dari mobil hanya cocok digunakan untuk alat-alat yang ada di dalam mobil saja, seperti AC, lampu, audio dan mesin-mesin lainnya. Jadi arusnya sudah diatur sedemikian rupa untuk memberikan daya alat-alat tersebut.

Jadi jika kamu jadikan arus listrik itu sambungan ke ponsel sangat berbahaya karena listrik tersebut tidak kompatibel dengan ponsel. Akibatnya baterai ponsel kamu akan cepat rusak, dan bahkan akan sering ngedrop karena arus listrik yang masuk tidak cocok untuk HP.

  • Baterai Berpotensi Meledak

Bahaya Charger HP di mobil selanjutnya adalah potensi baterai HP yang bisa meledak. Hal ini disebabkan karena suhu di mobil seringkali panas, dan seperti yang dikatakan sebelumnya arus listriknya tidak khusus untuk HP. Jadi karena panas dan arus listrik yang kuat, bisa saja baterai HP kamu meledak.

Mencegah Bahaya Charger HP di Mobil

Sebelum hal-hal yang tidak diinginakan terjadi, namun kamu tetap harus mengecarge HP kamu di mobil karena keperluan mendesak. Lebih baik ikuti tips-tips berikut:

  • Jauhkan dari paparan sinar matahari

Sinar matahari langsung akan membuat HP kamu panas. Terik matahari dan panas di dalam mobil menyatu, tentu saja akan sangat berpengaruh buruk pada ponsel kamu. Salah satunya adalah panas berlebih yang bisa membuat ponsel kamu meledak.

  • Jangan Gunakan HP saat di Charger

Menggunakan ponsel sangat berbahaya saat di charge di dalam mobil. Hal ini disebabkan karena ketika kita menjalankan aplikasi di dalam ponsel, ponsel akan bekerja lebih keras, sehingga biasanya ia menjadi panas. Panas tersebut bisa menambah efek panas ketika di charge di dalam mobil. Jadi sebaiknya kamu tidak menggunakannya saat mengecharge di dalam mobil. Jikapun sangat perlu, cabutlah terlebih dahulu chargeran kamu.

  • Cabut Charger Jika HP Mulai Panas

Kemungkinan yang terjadi saat charger HP di mobil adalah HP kamu akan panas. Jika panas berlebih saat kamu sentuh, cepatlah cabut sebelum terjadi peledakan. Kemudian matikan HP kamu segera, agar suhunya kembali normal.

  • Hindar Barang Yang Mudah Terbakar

Karena ponsel kamu berpotensi meledak saat di charge di mobil. Usahakan untuk melakukan pencegahan, kamu tidak mendekatkan barang-barang yang mudah terbakar, agar efek bahaya charger di dalam mobil bisa terhindar.

  • Jangan Over Menggunakan Ponsel

Agar baterai hp kamu tetap awet dan tidak perlu menchargernya di mobil, usahakan jangan menggunakannya dengan berlebihan agar baterai HP kamu awet. Dan terhindar dari efek bahaya charger hp di mobil.

Bahaya Isi Baterai HP di Mobil dan Akibatnya | Iis Nur hayati | 4.5