10 Cara Merawat Kamera DSLR Supaya Lensa Awet

Cara Merawat Kamera DSLR Supaya Lensa Awet – Kamera adalah alat yang paling sensitif, mau apapun bentuk kamera itu. Mau kamera digital, kamera HP, apalagi kamera DSLR. Karena harganya yang mahal, kamera DSLR harus kamu jaga dan rawat agar awet dan bisa kamu pakai dalam jangka waktu yang lama dengan kualitas yang tidak menurun. Karena, kamera DSLR memiliki banyak komponen sensitif yang jika tidak tepat penggunaannya akan sangat rentan akan kerusakan.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, kamu harus tahu bagaimana cara merawat kamera DSRL agar tahan lama. Sayang banget kan kalau kamu baru membeli kamera DSLR karena salah memegang atau merawat kamera kamu langsung rusak. Untuk itu, kamu harus mengikuti tips cara merawat kamera DSLR yang akan diulas dalam artikel ini.

Cara Merawat Kamera DSLR

  • Jauhkan dari Air dan Basah

Basah dan lembab akan menyebabkan kamera kamu lembab di dalamnya. Hal ini juga akan menyebabkan komponen di dalam kamera kamu cepat rusak dan bisa menghasilkan kualitas foto yang tidak bagus, karena masalah lensa. Beberapa kamera memang sudah menyediakan waterproof dan weather sealed. Tapi tetap saja kamu harus hati-hati dan tidak secara sengaja mamasukan air ke dalam kamera kamu.

  • Ganti Baterai

Setelah kurang lebih 500 kali kamu charge baterai kamera DSRL kamu, kualitasnya akan menurun. Maka kamu tidak usah khawatir, kamu hanya perlu melakukan perawatan dengan mengganti baterai yang sudah jelek kualitasnya itu. Dengan mengganti baterai yang baru, kamu bisa mendapatkan kinerja yang tetap unggul untuk kamera DSLR.

  • Jaga Kebersihan Lensa

Untuk membersihkan lensa pastikan kamu tidak menyemprotkan cairan pembersihnya langsung pada lensa. Gunakan lap microfiber yang bisa menyerap cairan dengan cepat, lalu mulai lapkan pada lensa kamu. Jika langsung menyemprotkan cairan ke dalam lensa, takut-takut kalau cairan masuk ke dalam.

  • Matikan Kamera Saat Mengeluarkan Baterai

Pastikan selalu diingat, saat mengeluarkan baterai atau mengeluarkan kartu memori, kamu harus mematikan terlebih dahulu kamera DSLR kamu. Pasalnya mengeluarkan baterai atau mengeluarkan kartu memori secara mendadak akan mengakibatkan kejut listrik yang memengaruhi layar LCD kamera.

  • Gunakan Strap

Pastikan untuk menggunakan strap kamera, hal ini bisa membantu kamu tidak menjatuhkan kamera dengan tidak sengaja. Dengan menggunakan strap, kamu juga bisa dengan mudah menggunakan saat dibutuhkan.

  • Hindari Panas Berlebih

Jika kamu sering membawa kamera kamu di dalam mobil dan menyimpannya saat bepergian, lebih baik kamu kurangi kebiasaan ini. Karena menyimpan kamera di dalam mobil, apalagi dengan jangka waktu yang lama akan membuat kamera memiliki suhu yang panas. Biasanya mobil sering terkena cahaya matahari langsung, sehingga suhu ruangan mobil akan menjadi panas. Jadi pastian untuk tidak menyimpan benda berharga seperti kamera DLSR di dalamnya.

  • Bersihkan Kamera Setelah Melakukan Pemotretan di Laut

Garam bisa menyebabkan benda berkorosi, apalagi benda tersebut terbuat dari logam. Ini bisa juga terjadi pada kamera DSLR. Kamu harusnya membersihkan kamera kamu dari butiran-butiran garam yang dibawa oleh angin ke di kamera kamu. Pastikan untuk membersihkan kamera kamu setelah menggunakannya, kamu bisa menggunakan cairan pembersih dengan lap microfiber.

  • Jangan Membuka Bagian Dengan Paksa

Dalam kamera, untuk membuka satu bagian seperti tombol, dial, engsel, kartu memori, putaran zoom lensa dan masih banyak lagi. Biasanya tombolnya macet saat akan dibuka, pastikan tidak memaksa membukanya, karena akan menyebabkan patah. Sehingga akan merusak tampilan kamera kamu.

  • Kurangi Masuknya Debu ke Kamera

Untuk mengurangi masuknya debu ke kamera DSLR, kamu sebenarnya bisa saja menggunakan kamera kamu di dalam ruangan. Penggunaan dalam ruangan akan meminimalisir masuknya debu yang akan menempel pada lensa, sehingga lensa tidak jernih lagi. Jika tidak memungkinkan, setiap setelah digunakan bersihkan debu-debu yang menempel setelah kamu memotret di luar ruangan dengan menggunakan blower.

  • Simpan Dalam Suhu Ruangan Yang Tepat

Agar kamera tetap aman dari debu dan tidak lembab saat disimpan, atau bahkan tidak kelebihan panas karena paparan sinar matahari. Kamu bisa membeli silica gel, dry box atau dry cabinet untuk menyimpan kamera kamu agar suhu ruangannya sesuai.

Nah, mulai sekarang pastikan kamu memperlakukan kamera DSLR berharga kamu itu dengan benar. Karena dengan memperlakukan kamera kamu dengan benar, kamu bisa mendapatkan kamera yang awet dan tidak mengeluarkan banyak budget untuk memperbaiki kamera DSLR kamu. Semoga artikel ini bisa membantu kamu mencari cara merawat kamera DSLR.

Incoming search terms:

  • game psp terbaik
  • kualitas tidak menurun dari dslr ke hp
10 Cara Merawat Kamera DSLR Supaya Lensa Awet | Iis Nur hayati | 4.5